Selamat Datang

Selamat berkunjung ke blog matakuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman. Blog ini memuat materi bahan kuliah dan berbagai sumberdaya yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran. Melalui blog ini diharapkan mahasiswa dapat belajar secara lebih interaktif dengan dosen dan dengan sesama mahasiswa dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan. Seiring dengan itu, melalui blog ini mahasiswa sekaligus diharapkan untuk belajar memanfaatkan teknologi informasi.
Jangan lupa memberikan komentar dan bertanya untuk memperoleh nilai SOFTSKILL

mulai dari tulisan mengenai pengelolaan program

Klik untuk MENGERJAKAN TUGAS. Tengat Tugas 7 ditunda menjadi Selasa 6 Mei 2014. Periksa dan kerjakan Tugas 9, tenggat 6 Juni 2014.

Kuliah 2 Mei 2014 diselenggarakan online. KLIK UNTUK MEMBERIKAN KOMENTAR DAN BERTANYA

Penandatanganan Daftar Hadir akan dilakukan pada 9 Mei 2014 HANYA bagi yang telah memberikan komentar atau bertanya

UJIAN AKAN DISELENGGARAKAN ONLINE

SOAL UJIAN DAPAT DIUNDUH PADA JUMAT 13 JUNI 2014 MULAI PUKUL 10.00 WITA DI SINI

Pemberitahuan Penting

Untuk memperoleh nilai soft-skill yang bobotnya 25% dari Nilai Akhir Semester, mahasiswa peserta kuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman diminta untuk menyampaikan komentar terhadap tulisan-tulisan mulai dari tulisan mengenai daur pengelolaan program perlindungan tanaman dan tulisan-tulisan selanjutnya. Penilaian akan didasarkan pada jumlah tulisan yang diberikan komentar (kerajinan), bobot komentar (penguasaan masalah), cara penulisan komentar (keterampilan), dan kesdiaan mengomentari komentar mahasiswa lain (kepedulian). Mahasiswa yang tidak memberikan komentar tidak akan diberikan nilai softskill (nilai 0). Harap pemberitahuan ini diperhatikan dan dilaksanakan.

Mahasiswa juga harus mengerjakan tugas 7, tugas 8, dan tugas 9 untuk dikumpulkan secara online sebagaimana yang telah disampaikan pada halaman Tugas. Tugas yang dikumpulkan terlambat dari tanggal tengat TIDAK AKAN DIPERIKSA.

Silahkan kerjakan Tugas 9, tenggat 6 Juni 2014. Tugas yang dikumpulkan terlambat dari tanggal tengat TIDAK AKAN DIPERIKSA.

UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2013/2014 DAPAT DIUNDUH DARI SINI MULAI PADA 13 JUNI 2014 PUKUL 10.00 WITA. SILAHKAN KLIK TAUTAN SESUDAH AKTIF. UNGGAH FILE DALAM FORMAT PDF DENGAN MENGKLIK HALAMAN SMT GENAP 2013/2014 DAN KEMUDIAN MASUKKAN FILE KE DALAM KOTAK MEDIAFIRE FILEDROP PADA BAGIAN BAWAH HALAMAN.

Daftar file jawaban ujian yang masuk dapat diunduh dalam format JPG atau format PDF dan nilai akhir semester genap 2013/2014 dapat diunduh di SINI. Silahkan unduh dan cetak kedua file untuk mengajukan keberatan nilai kepada dosen koordinator matakuliah.

Selamat Memulai Kuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman

Print Friendly and PDF
Perlindungan tanaman merupakan komponen yang sangat penting dari sistem budidaya pertanian. Hal ini karena gangguan dan kerusakan yang ditimbulkan oleh organisme pengganggu tumbuhan berisiko menimbulkan kehilangan hasil dan bahkan kegagalan panen yang bukan hanya merugikan petani tetapi juga dapat mengganggu ketahanan pangan. Oleh karena itu, sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang (UU) No. 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman, perlindungan tanaman perlu dilakukan untuk mencegah kerugian pada budidaya tanaman yang diakibatkan oleh organisme pengganggu tumbuhan.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 6 Tahun 1995 tentang Perlindungan Tanaman. Sebagaimana diatur dalam PP No. 6 Tahun 1995 tersebut, perlindungan tanaman dilakukan pada masa pra-tanam, masa pertumbuhan tanaman, dan masa pasca-panen (Pasal 2) dengan berdasarkan pada sistem pengendalian hama terpadu (Pasal 3 Ayat 1) melalui tindakan pencegahan, pengendalian, dan eradikasi (Pasal 3 Ayat 2) dengan melibatkan masyarakat dan pemerintah (Pasal 6, Pasal 11, Pasal 25). Tindakan perlindungan tanaman sebagaimana diatur dalam PP No. 6 Tahun 1995 tersebut melibatkan bukan hanya ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi juga kebijakan pemerintah dan dukungan masyarakat.

Penetapan pengendalian hama terpadu sebagai sistem perlindungan tanaman merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang perlindungan tanaman yang diambil mulai tahun 1980-an setelah sebelumnya pemerintah mengambil kebijakan perlindungan tanaman yang bertumpu pada penggunaan pestisida. Seiring dengan perubahan yang terjadi dalam sistem pemerintahan dan perkembangan risiko yang ditimbulkan oleh organisme pengganggu tumbuhan maka kebijakan pemerintah dalam bidang perlindungan tanaman juga perlu senantiasa dikembangkan. Matakuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman merupakan langkah Program Studi Agroekologi Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana mempersiapkan mahasiswa dalam memahami dan mempersiapkan diri dalam menghadapi perkembangan yang terjadi dalam kaitan dengan kebijakan pemerintah dalam bidang perlindungan tanaman.

Mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman diharapkan telah terlebih dahulu memprogramkan dan lulus matakuliah Dasar-dasar Perlindungan Tanaman. Hal ini diperlukan agar mahasiswa tidak menghadapi kesulitan dalam memahami aspek teknis perlindungan tanaman yang akan menjadi landasan bagi perumusan kebijakan perlindungan tanaman.

2 komentar:

Untuk menyampaikan komentar, silahkan ketik dalam kotak di bawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...