Selamat Datang

Selamat berkunjung ke blog matakuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman. Blog ini memuat materi bahan kuliah dan berbagai sumberdaya yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran. Melalui blog ini diharapkan mahasiswa dapat belajar secara lebih interaktif dengan dosen dan dengan sesama mahasiswa dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan. Seiring dengan itu, melalui blog ini mahasiswa sekaligus diharapkan untuk belajar memanfaatkan teknologi informasi.
Jangan lupa memberikan komentar dan bertanya untuk memperoleh nilai SOFTSKILL

mulai dari tulisan mengenai pengelolaan program

Klik untuk MENGERJAKAN TUGAS. Tengat Tugas 7 ditunda menjadi Selasa 6 Mei 2014. Periksa dan kerjakan Tugas 9, tenggat 6 Juni 2014.

Kuliah 2 Mei 2014 diselenggarakan online. KLIK UNTUK MEMBERIKAN KOMENTAR DAN BERTANYA

Penandatanganan Daftar Hadir akan dilakukan pada 9 Mei 2014 HANYA bagi yang telah memberikan komentar atau bertanya

UJIAN AKAN DISELENGGARAKAN ONLINE

SOAL UJIAN DAPAT DIUNDUH PADA JUMAT 13 JUNI 2014 MULAI PUKUL 10.00 WITA DI SINI

Pemberitahuan Penting

Untuk memperoleh nilai soft-skill yang bobotnya 25% dari Nilai Akhir Semester, mahasiswa peserta kuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman diminta untuk menyampaikan komentar terhadap tulisan-tulisan mulai dari tulisan mengenai daur pengelolaan program perlindungan tanaman dan tulisan-tulisan selanjutnya. Penilaian akan didasarkan pada jumlah tulisan yang diberikan komentar (kerajinan), bobot komentar (penguasaan masalah), cara penulisan komentar (keterampilan), dan kesdiaan mengomentari komentar mahasiswa lain (kepedulian). Mahasiswa yang tidak memberikan komentar tidak akan diberikan nilai softskill (nilai 0). Harap pemberitahuan ini diperhatikan dan dilaksanakan.

Mahasiswa juga harus mengerjakan tugas 7, tugas 8, dan tugas 9 untuk dikumpulkan secara online sebagaimana yang telah disampaikan pada halaman Tugas. Tugas yang dikumpulkan terlambat dari tanggal tengat TIDAK AKAN DIPERIKSA.

Silahkan kerjakan Tugas 9, tenggat 6 Juni 2014. Tugas yang dikumpulkan terlambat dari tanggal tengat TIDAK AKAN DIPERIKSA.

UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2013/2014 DAPAT DIUNDUH DARI SINI MULAI PADA 13 JUNI 2014 PUKUL 10.00 WITA. SILAHKAN KLIK TAUTAN SESUDAH AKTIF. UNGGAH FILE DALAM FORMAT PDF DENGAN MENGKLIK HALAMAN SMT GENAP 2013/2014 DAN KEMUDIAN MASUKKAN FILE KE DALAM KOTAK MEDIAFIRE FILEDROP PADA BAGIAN BAWAH HALAMAN.

Daftar file jawaban ujian yang masuk dapat diunduh dalam format JPG atau format PDF dan nilai akhir semester genap 2013/2014 dapat diunduh di SINI. Silahkan unduh dan cetak kedua file untuk mengajukan keberatan nilai kepada dosen koordinator matakuliah.

Dukungan TI

Print Friendly and PDF
Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa memanfaatkan teknologi informasi (TI) untuk mempelajari matakuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman. Untuk mengikuti proses pembelajaran dalam jaringan (online), setiap mahasiswa harus mempunyai akun email sendiri, bisa menggunakan program aplikasi peramban (browser), bisa melakukan penelusuran dengan menggunakan mesin pencari (search engines), dan mengerti risiko berada dalam jaringan. Bila Anda mempunyai komputer notebook/laptop Anda perlu memasang fitur keamanan komputer dari infeksi oleh virus dan berbagai jenis malware lainnya untuk mencegah infeksi melalui pertukaran file luar jaringan (offline) maupun infeksi dari sumber-sumber dalam jatingan ketika Anda terhubung dengan Internet. Silahkan simak uraian berikut ini agar Anda dapat belajar dengan menggunakan fasilitas dalam jaringan secara aman.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun email dengan nama asli (bukan nama samaran) dengan menggunakan layanan email yang aman. Saya menyarankan Anda membuat akun Gmail dengan sandi (password) yang hanya diketahui sendiri (jangan sampai diketahui oleh pacar sekalipun). Setelah membuat akun Gmail, Anda akan memperoleh akses terhadap semua layanan gratis Google lainnya, termasuk Google Plus (media jejaring sosial), Google Drive (penyimpanan file dalam jaringan), Picasa Web (penyimpanan foto dalam jaringan), YouTube (penyimpanan video dalam jaringan), Google Map (pemetaan dalam jaringan), dan sebagainya, dengan nama pengguna (user name) dan sandi (password) yang sama. Anda dapat menggunakan akun Gmail untuk membuka akun Facebook, Twitter, LinkedIn, dan berbagai media sosial lainnya dan kemudian masuk ke berbagai layanan dalam jaringan dengan melalui media sosial yang telah Anda miliki.

Untuk menggunakan Internet, komputer harus dalam keadaan terkoneksi melalui jaringan kabel (misalnya dengan menggunakan layanan Speedy dari Telkom) atau melalui nirkabel (wifi). Anda mungkin perlu menyetel komputer untuk melakukan koneksi. Setelah terkoneksi, Anda memerlukan program aplikasi untuk berselancar di Internet (termasuk untuk mengakses blog ini). Terdapat banyak sekali program aplikasi peramban, tetapi pada umumnya adalah Microsoft Internet Explorer dan turunannya, Mozilla Firefox dan turunannya, dan Google Chrome dan turunannya. Bila Anda menggunakan komputer dengan sistem operasi (operating system, OS) Windows maka pada komputer Anda dengan sendirinya telah terpasang Internet Explorer. Tapi karena alasan keamanan, saya menyarankan Anda menggunakan turunan Chrome. Turunan Chrome yang saya sarankan adalah Comodo Dragon dan SRWare Iron (keduanya gratis). Selain memasang dan menggunakan kedua program aplikasi peramban tersebut, saya juga memasang dan menggunakan Avant Browser (gabungan IE, Firefox, dan Chrome), tetapi tidak menyarankan program aplikasi peramban ini kepada pemula.

Setelah memasang salah satu atau kedua program aplikasi peramban tersebut sekaligus, jangan lupa mengenali bagian-bagian program aplikasi peramban tersebut untuk memudahkan Anda berselancar di Internet.
Halaman muka program aplikasi peramban Comodo Dragon
Halaman pengaturan program aplikasi peramban Comodo Dragon
Setelah memasang program aplikasi peramban, jangan pula lupa memasang program ekstensi peramban (browser extension), yaitu program yang dipasang pada dan dijalankan melalui program aplikasi peramban. Silahkan klik logo pengaturan program aplikasi peramban, cari Extension, lalu klik Add more extensions pada bagian bawah halaman. Atau, silahkan kunjungi Chrome Web Store dan kemudian pada kotak Search the store, ketik nama ekstensi berikut ini untuk menemukan dan memasang:
  • Pengaturan lanjutan: New Page Redirect untuk memungkinkan langsung membuka Google pada saat mengklik tab baru dan XMark Bookmark untuk memudahkan membuat bookmark
  • Keamanan: Web of Trust (WOT), BitDefender TrafficLight, dan AddBlock Plus
  • Privasi: HTTPS Everywhere, DoNotTrackMe, dan Click&Clean. 
Agar setiap bali mengklik tab baru langsung dialihkan ke mesin pencari Google, setelah ekstensi New Tab Redirect terpasang, klik pengaturan ekstensi, lalu cari New Tab Redirect dan klik Options, lalu dalam kotak My new tab page should show this URL:, ketik https://www.google.com/ncr. Setelah XMark Bookmark terpasang, silahkan membuat akun sehingga bookmark dapat disinkronisasi antar program aplikasi peramban (bookmark pada peramban yang satu juga secara otomatis tersedia pada peramban yang lain). Chrome Web Store menyediakan lebih banyak lagi ekstensi, tetapi jangan memasang terlalu banyak karena dapat memperlambat kinerja program aplikasi peramban. Anda pernah lupa sandi? Bila ya, silahkan juga pasang ekstensi LastPass untuk memulihkan sandi yang terlupa dan membuat sandi acak berbeda-beda yang aman untuk berbagai akun layanan Internet dengan satu sandi utama.

Untuk mengamankan komputer dari ancaman virus dan malware lainnya, saya menyarankan Anda memasang: (1) program aplikasi antivirus dan program aplikasi firewall atau (2) program aplikasi Internet security (tanpa perlu lagi memasang antivirus). Sebelum memasang antivirus, program aplikasi firewall, maupun internet security apapun, periksa terlebih dahulu komputer Anda dengan membaca panduan pemeriksaan infeksi komputer. Jika ternyata komputer Anda terinfeksi, perbaiki komputer dengan terlebih dahulu membaca panduan memperbaiki komputer terinfeksi dan kemudian membaca panduan membersihkan komputer dari infeksi. Baca setiap panduan dengan teliti dan ikuti langkah-langkah yang diberikan. Satu hal penting yang perlu diperhatikan, JANGAN PERNAH MEMASANG LEBIH DARI SATU PROGRAM APLIKASI ANTIVIRUS ATAU MEMASANG ANTIVIRUS AND INTERNET SECURITY SEKALIGUS. Pemasangan program aplikasi tersebut secara bersamaan tidak akan memperbaiki keamanan, melainkan akan memperlambat kinerja komputer sebab akan terjadi konflik. Untuk mengatasi gangguan selain oleh virus, sebaiknya pasang juga program aplikasi antirootkit TDDSKiller, antimalware Malwarebytes Anti-Malware Free, dan antispyware SUPERAntiSpyware Free, kemudian lakukan pemutakhiran (update) dan pemindaian atas permintaan (on-demand scanning) secara berkala.

Setelah komputer bersih, silahkan pasang program aplikasi antivirus Avast! Free Anti Virus dan program aplikasi firewall Comodo Firewall atau program aplikasi Internet security Comodo Internet Security (tanpa lagi perlu measang antivirus). Sebelum memasang Comodo Firewall atau Comodo Internet Security, silahkan terlebih dahulu membaca panduan pemasangan dengan teliti (jangan memasang tanpa memahami panduan). Anda perlu memasang program aplikasi firewall karena antivirus saja tidak dapat melindungi komputer Anda dari infeksi melalui Internet. Bila Anda memasang program aplikasi internet security, program aplikasi tersebut telah mencakup antivirus dan firewall. Hindarkan saling bertukar file menggunakan flash disk, hard disk eksternal, atau CD/DVD. Lakukan pertukaran file sebagai lampiran (attachment) email atau melalui layanan penyimpanan dan berbagi file dalam jaringan. Bila terpaksa, lakukan dengan menggunakan flash disk kosong, pindai (scan) flash disk sebelum menyalin file, dan setelah itu format flash disk. Untuk mengamankan file-file penting, sebaiknya simpan cadangan pada layanan penyimpanan dalam jaringan sekaligus berbagi file Google Drive bila Anda sudah mempunyai akun email Gmail. Anda juga dapat membuat akun penyimpanan dan berbagi file dalam jaringan pada layanan lain seperti Dropbox, SkyDrive, MediaFire, dan banyak lagi layanan lainnya.

Hindarkan memasang sistem operasi (operating system, OS) maupun program aplikasi (application software) bajakan. Bukan hanya karena memasang sistem operasi dan program aplikasi bajakan melanggar hukum, melainkan karena hal itu akan memudahkan komputer Anda terinfeksi. Bila tidak ingin membeli sistem operasi asli, sebaiknya gunakan sistem operasi gratis Linux. Tersedia banyak paket distribusi (distro) Linux, tetapi saya menyarankan Anda menggunakan paket distribusi Linux Ubuntu 32 atau 64 Bit atau Linux Mint Cinnamon 32 atau 64 Bit. Untuk program aplikasi perkantoran, saya menyarankan Kingsoft Office for Windows atau Kingsoft Office for Linux, bergantung pada sistem operasi yang terpasang pada komputer. Bahkan bila Anda mempunyai ponsel atau komputer tablet dengan sistem operasi Android, Anda dapat memasang Kingsoft Office for Android. Program aplikasi perkantoran ini mempunyai tampilan serta dapat menyimpan dan membaca file dalam format file yang sama dengan tampilan dan format program aplikasi yang digunakan luas saat ini (doc atau docx, xls atau xlsx, ppt atau pptx). Silahkan dapatkan berbagai jenis program aplikasi terbaik gratis untuk komputer dengan sistem operasi Windows 32 Bit, Windows 64 Bit, Windows (portable), Mac, dan Linux. Setelah memasang sistem operasi atau program aplikasi tersebut, jangan lupa melakukan pemutakhiran (update) secara berkala melalui koneksi Internet.

Untuk mengerjakan tugas, Anda mungkin memerlukan program aplikasi perkantoran tambahan di luar program aplikasi perkantoran yang sudah ada sehingga memungkinkan Anda dapat bekerja dengan lebih mudah. Anda mungkin memerlukan program aplikasi untuk menyunting foto sebelum memasukkannya ke dalam dokumen, program aplikasi untuk membuat bagan alir, program aplikasi untuk membuat peta pikiran dan peta konsep, dan bahkan program aplikasi untuk merekam foto layar dan merekam video layar. Untuk mengubah nama file, memperkecil ukuran file, dan memberikan keterangan terhadap banyak file foto secara sekaligus (batch), Anda dapat menggunakan program aplikasi FastStone Photo Resizer. Foto yang digunakan dalam tulisan ilmiah perlu diberi garis skala untuk memungkinkan perbandingan dengan ukuran obyek foto yang sebenarnya. Pemberian skala sebaiknya dilakukan dengan menyertakan meteran pada saat mengambil foto. Namun bila hal itu tidak dilakukan, foto dapat diberikan garis skala dengan menggunakan program aplikasi PicPick (hati-hati memasang, jangan sampai memasang program aplikasi tersembunyi yang menyertai program aplikasi ini).

Untuk memberikan gambaran mengenai suatu proses, perlu digunakan program aplikasi khusus bagan alir (flow charting, flow diagramming). Daripada membuat bagan alir menggunakan Word, Excel, atau PowerPoint yang akan menjadi kacau bila file dibuka pada komputer lain, lebih baik menggunakan program aplikasi khusus bagan alir yEd atau pilih dari daftar program aplikasi khusus bagan alir lainnya. Berbeda tetapi mirip dengan program aplikasi bagan alir adalah program aplikasi pemetaan pikiran (mind mapping) dan program aplikasi pemetaan konsep (concept mapping). Bila program aplikasi bagan alir diperlukan untuk menggambarkan suatu proses tertentu yang sudah pasti, program aplikasi pemetaan pikiran diperlukan untuk menggambarkan hubungan antar bagian-bagian sebagai dasar berpikir dalam menuliskan sesuatu. Pada pihak lain, program aplikasi pemetaan konsep sebenarnya juga merupakan program aplikasi pemetaan pikiran, tetapi khusus digunakan untuk menggambarkan hubungan antar konsep yang digunakan sebagai kerangka berpikir dalam merencanakan metode penelitian. Untuk membuat peta pikiran, silahkan gunakan Edraw Mind Map Free atau FreeMind, sedangkan untuk membuat peta konsep silahkan gunakan CMAP Tool atau atau VUE (Visual Understanding Environment) atau, untuk kedua kategori program aplikasi tersebut, silahkan pilih dari daftar lebih lengkap.

Hati-hati menggunakan layanan media jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lebih banyak lagi layanan sejenis lainnya. Jangan mengunggah hal-hal yang bersifat pribadi ke dalam media jejaring sosial sebab bisa membahayakan diri sendiri. Tulisan yang menyudutkan orang lain dapat dijadikan sebagai bukti untuk memperkarakan Anda di pengadilan sebagai telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan (dengan ancaman hukuman berat). Foto-foto pribadi yang diunggah ke media layanan jejaring sosial bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk keuntungan mereka. Ingat, tulisan di media sosial akan dibaca oleh banyak orang lain sehingga hindarkan berkeluh kesah, bercumbu rayu, berdoa, menuliskan sedang melakukan apa dan di mana, serta berbagai hal sangat pribadi lainnya di media sosial. Jangan berperilaku seakan-akan sebagai seorang selebritas yang setiap gerak-geriknya akan diikuti oleh para penggemar. Ingat, media jejaring sosial bukan merupakan buku harian (diary) pribadi dan juga bukan merupakan album pribadi. Dalam menggunakan media jejaring sosial, tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang berpendidikan tinggi.

Selamat menggunakan Internet untuk mendukung mempelajari matakuliah Epidemiologi Penyakit Tumbuhan dengan aman dan bermartabat. Bila Anda mempunyai pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kotak komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk menyampaikan komentar, silahkan ketik dalam kotak di bawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...