Selamat Datang

Selamat berkunjung ke blog matakuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman. Blog ini memuat materi bahan kuliah dan berbagai sumberdaya yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran. Melalui blog ini diharapkan mahasiswa dapat belajar secara lebih interaktif dengan dosen dan dengan sesama mahasiswa dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan. Seiring dengan itu, melalui blog ini mahasiswa sekaligus diharapkan untuk belajar memanfaatkan teknologi informasi.
Jangan lupa memberikan komentar dan bertanya untuk memperoleh nilai SOFTSKILL

mulai dari tulisan mengenai pengelolaan program

Klik untuk MENGERJAKAN TUGAS. Tengat Tugas 7 ditunda menjadi Selasa 6 Mei 2014. Periksa dan kerjakan Tugas 9, tenggat 6 Juni 2014.

Kuliah 2 Mei 2014 diselenggarakan online. KLIK UNTUK MEMBERIKAN KOMENTAR DAN BERTANYA

Penandatanganan Daftar Hadir akan dilakukan pada 9 Mei 2014 HANYA bagi yang telah memberikan komentar atau bertanya

UJIAN AKAN DISELENGGARAKAN ONLINE

SOAL UJIAN DAPAT DIUNDUH PADA JUMAT 13 JUNI 2014 MULAI PUKUL 10.00 WITA DI SINI

Pemberitahuan Penting

Untuk memperoleh nilai soft-skill yang bobotnya 25% dari Nilai Akhir Semester, mahasiswa peserta kuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman diminta untuk menyampaikan komentar terhadap tulisan-tulisan mulai dari tulisan mengenai daur pengelolaan program perlindungan tanaman dan tulisan-tulisan selanjutnya. Penilaian akan didasarkan pada jumlah tulisan yang diberikan komentar (kerajinan), bobot komentar (penguasaan masalah), cara penulisan komentar (keterampilan), dan kesdiaan mengomentari komentar mahasiswa lain (kepedulian). Mahasiswa yang tidak memberikan komentar tidak akan diberikan nilai softskill (nilai 0). Harap pemberitahuan ini diperhatikan dan dilaksanakan.

Mahasiswa juga harus mengerjakan tugas 7, tugas 8, dan tugas 9 untuk dikumpulkan secara online sebagaimana yang telah disampaikan pada halaman Tugas. Tugas yang dikumpulkan terlambat dari tanggal tengat TIDAK AKAN DIPERIKSA.

Silahkan kerjakan Tugas 9, tenggat 6 Juni 2014. Tugas yang dikumpulkan terlambat dari tanggal tengat TIDAK AKAN DIPERIKSA.

UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2013/2014 DAPAT DIUNDUH DARI SINI MULAI PADA 13 JUNI 2014 PUKUL 10.00 WITA. SILAHKAN KLIK TAUTAN SESUDAH AKTIF. UNGGAH FILE DALAM FORMAT PDF DENGAN MENGKLIK HALAMAN SMT GENAP 2013/2014 DAN KEMUDIAN MASUKKAN FILE KE DALAM KOTAK MEDIAFIRE FILEDROP PADA BAGIAN BAWAH HALAMAN.

Daftar file jawaban ujian yang masuk dapat diunduh dalam format JPG atau format PDF dan nilai akhir semester genap 2013/2014 dapat diunduh di SINI. Silahkan unduh dan cetak kedua file untuk mengajukan keberatan nilai kepada dosen koordinator matakuliah.

Kuliah PHT

Print Friendly and PDF
Pengendalian Hama Terpadu
Kuliah Semester Genap Tahun 2013/2014

Mahasiswa peserta Pengendalian Hama Terpadu semester genap tahun 2012/2013 silahkan mendaftar melalui gadget Mari Bergabung. Silahkan persiapkan diri datang ke ruang kuliah UNTUK BERDISKUSI, bukan untuk datang, duduk, dan dengar. Kuliah akan diberikan dengan silabus (sementara) sebagai berikut:
  1. Permasalahan Pengendalian OPT dan Lahirnya PHT (1): permasalahan resistensi dan resurgensi OPT utama serta ledakan OPT sekunder, lahirnya konsep PHT di luar negeri, masuknya konsep PHT ke Indonesia. Baca: perkembangan perlindungan tanamanresistensi terhadap pestisida, dampak terhadap lingkungan hidup, lahirnya PHT,
  2. Ekologi dan sebagai Dasar Konsepsional PHT (1): pengertian ekosistem dan agroekosistem, rantai makanan dan jejaring makanan, piramida ekologis: aras trofik, perilaku makan, piramida trofik, dan arus energi, tirai trofik dan pengaruh tirai, jejaring ekologis, keanekaragaman hayati, magnifikasi hayati
  3. Ekologi Populasi sebagai Dasar Operasional PHT (2): pengertian populasi, pengukuran populasi, perkembangan populasi dalam ruang dan waktu. Baca: pengertian populasi, ukuran populasi, dinamika populasi, interaksi predator-mangsa, ledakan populasi hama pertanian dan kehutanan, penyebab ledakan populasi hama,
  4. Konsep dan Perkembangan PHT (1): definisi PHT, perkembangan PHT di luar negeri, perkembangan PHT di Indonesia. Baca: Definisi PHT: 1950-1970, 1970-1980, 1980-1990, 1990-sekarang, perkembangan PHT di Amerika Serikat, perkembangan PHT di Kanada, perkembangan PHT di Indonesia,
  5. Sasaran, Tujuan dan Strategi PHT (2)
  6. Pengambilan Keputusan dalam PHT (2): pengertian pengambilan keputusan, dasar pengambilan keputusan, pilihan cara pengambilan keputusan, cara pengambilan keputusan dalam perkembangan PHT. Baca: model pengambilan keputusan dalam PHT, ambang ekonomi dan ambang pengendalian
  7. Taktik dan Penerapan PHT (1): pengertian dan penggolongan cara pengendalian, pemaduan cara pengendalian dalam penerapan PHT, peranan khusus pengendalian kimiawi, dukungan prakiraan cuaca, . Baca: The IPM Tactical Toolbox, Peranan Peramalan Cuaca dan Peramalan OPT: Prakiraan Cuaca Kupang Online, Pemantauan Badai Tropis, USDA Crop Explorer, Peramalan Kapang Biru Tembakau di Virginia, Prakiraan Downy Mildew pada Tanaman Cucurbitaceae di Florida,
  8. Pengorganisasian dan Penerapan PHT (2): Baca: Sending Farmers Back to School: The Impact of Farmer Field Schools in Indonesia, Farmer Field Schools and Local Agricultural Research Committees – Complementary Platforms for Integrating Decision-Making in Sustainable Agriculture, The Impact of Farmer Field Schools on Knowledge and Productivity: A Study of Potato Farmers in the Peruvian Andes, FAO Programme for Community IPM in Asia,
  9. Dari PHT ke Pengelolaan Ketahanan Hayati (2)
  10. Tantangan PHT dan Pengelolaan Ketahanan Hayati ke depan (1)
Silahkan juga kunjungi dan periksa halaman berikut:
  • Prosedur dan Jadwal Tugas. Silahkan periksa prosedur dan jadwal tugas dari dosen I W. Mudita. Setiap dosen pengampu berkewajiban memberikan tugas masing-masing sesuai dengan pokok bahasan yang diampu dan memasukkan nilai tugas sebagai bagian dari nilai semester.
  • Prosedur dan Jadwal Praktikum (menyusul)

Dosen Pengampu Matakuliah
  • Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., kunjungi blog pribadi atau hubungi melalui email, pokok bahasan 1, 2, 3, dan 4
  • Ir. Titik Sri Harini, MP, pokok bahasan 5, 6, dan 7
  • Yohanes Umbu Rebu Iburuni, SP, MSi, pokok bahasan 8, 9, dan 10

Tempat, Hari, dan jam Kuliah
Kamis, 08.00-09.40, Ruang C3, harap hadir tepat waktu

Perkuliahan dengan Dukungan Online
Kuliah diberikan dengan dukungan online mengingat sebagai mahasiswa universitas berwawasan global, mahasiswa perlu mampu menggunakan fasilitas pembelajaran dengan dukungan Internet. Untuk berinteraksi dengan dosen pengampu, setiap mahasiswa harus menggunakan email sendiri dengan nama sebenarnya (bukan menggunakan email teman atau email dengan nama samaran). Mahasiswa yang belum mempunyai akun email sendiri atau mempunyai akun email tetapi menggunakan nama samaran, silahkan membuat akun Gmail (panduan). Mahasiswa yang telah mempunyai akun email sendiri dengan nama sebenarnya tetapi bukan Gmail, harap selalu mengosongkan Mailbox/Inbox sehingga bisa menerima email dengan lampiran (attachment). Untuk memperoleh dukungan layanan sepenuhnya, mahasiswa dipersyaratkan untuk mendaftar melalui gadget/widget Mari Bergabung dan mengklik Sign in.

Mahasiswa dapat menghubungi dosen pengampu setiap saat menggunakan email dengan mengklik Hubungi Kami. Untuk meminta sandi, silahkan tuliskan juga singkatan nama matakuliah (misalnya Dasar-dasar Perlindungan Tanaman disingkat DPT). Untuk mengirimkan tugas dan jawaban ujian, kepada mahasiswa akan diberikan akun email lain yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan yang disertai dengan lampiran (attachment). Jangan pernah mengirimkan tugas atau jawaban ujian dengan cara menempelkan (mem-paste) pada kotak pesan (messages). Silahkan kunjungi blog secara rutin karena segala sesuatu yang berkaitan dengan perkuliahan akan dikomunikasikan melalui blog. Setelah membaca tayangan tulisan dalam blog, harap biasakan memberikan komentar di bawah setiap tulisan. Bila Anda mengalami kesulitan dalam berinteraksi secara online, silahkan menghubungi dosen pengampu dengan mengklik Hubungi Kami untuk menyampaikan kesulitan yang dihadapi. Tidak ada alasan mahasiswa tidak mengirimkan tugas atau jawaban ujian hanya karena tidak bisa mengirimkan melalui email.


Tatacara Perkuliahan
Mahasiswa harus mengikuti kuliah minimal sebanyak 80% dari seluruh jumlah pertemuan tatap muka perkuliahan yang direncanakan berjumlah 15 kali pertemuan tatap muka. Mahasiswa yang mengikuti kuliah kurang dari 80% pertemuan tatap muka tidak akan memperoleh nilai akhir semester. Mahasiswa harus sudah berada di dalam ruang kuliah pada jam kuliah kuliah/praktikum yang telah ditetapkan. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak akan diperkenankan mengikuti perkuliahan/praktikum.

Perkuliahan dijadwalkan satu kali dalam satu minggu. Bila karena sesuatu hal ada dosen berhalangan hadir pada hari/jam yang dijadwalkan, dosen dapat mengalihkan perkuliahan ke hari hari/jam lain dengan terlebih dahulu menyepakati dengan mahasiswa. Dosen tidak dibenarkan meminta mahasiswa untuk menandatangani daftar hadir lebih dari satu kali dalam satu hari/jam kuliah. Bila ada dosen yang melakukan hal ini, silahkan melaporkan kepada koordinator matakuliah.

Perkuliahan dilaksanakan oleh setiap dosen sesuai dengan Silabus dan RKPS matakuliah dengan merujuk kepada bahan ajar yang telah tersedia. Dosen dapat memperkaya materi perkuliahan, tetapi tidak untuk mengubah Silabus dan RKPS. Mahasiswa wajib memeriksa Silabus dan RKPS matakuliah dan menyampaikan kepada dosen koordinator matakuliah bila ada dosen yang memberikan kuliah dengan materi yang menyimpang dari atau tidak sesuai dengan Silabus dan RKPS.

Dalam mengerjakan tugas, membuat laporan praktikum, menjawab ujian, dan menjawab ujian praktikum, mahasiswa tidak dibenarkan menjiplak pekerjaan teman atau menjiplak dari buku maupun dari sumber-sumber apapun juga yang diperoleh melalui Internet. Bila menggunakan sumber-sumber kepustakaan, mahasiswa harus merujuk pustaka yang digunakan dan menyertakannya dalam daftar pustaka. Mahasiswa yang diketahui melakukan penjiplakan dikategorikan sebagai melakukan plagiarisme dan akan diberikan sanksi pengurangan nilai sampai pada pemberian nilai 0, bergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Perujukan pustaka dan penyusunan daftar pustaka dilakukan dengan menggunakan gaya APA Edisi 6 (Panduan). Perujukan pustaka dan pembuatan daftar pustaka dapat dilakukan secara manual, tetapi akan diberikan nilai bonus bila mahasiswa melakukan secara otomatis dengan menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero. Silahkan unduh program berdiri sendiri untuk Windows, Mac OS X, Linux i686, atau Linux x86_64 serta ekstensi untuk peramban Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Safari. Untuk menggunakan Zotero, program berdiri sendiri dan ekstensi harus diinstalasi ke komputer sesuai dengan sistem operasi dan jenis peramban yang digunakan. Bila belum pernah menggunakan Zotero, silahkan pelajari cara menggunakannya mulai dari sekarang juga.


Tatacara Ujian dan Penilaian
Ujian terdiri atas ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian praktikum. Ujian tengah semester dan akhir semester akan dilakukan dengan mengirimkan jawaban ujian melalui email dengan menggunakan akun email milik sendiri. Mahasiswa yang tidak mengirimkan tugas atau jawaban ujian atau yang terlambat mengirimkan tugas atau jawaban dari tanggal yang telah ditentukan akan diberi nilai 0. Nilai akhir semester terdiri atas nilai tugas, nilai ujian tengah semester, nilai ujian akhir semester, laporan praktikum, dan ujian praktikum.

Mahasiswa harus tetap mengunjungi blog setelah ujian akhir semester. Nilai akan diumumkan terlebih dahulu melalui blog berupa nilai sementara. Mahasiswa akan diberikan waktu satu minggu untuk mengajukan keberatan melalui telepon atau email terhadap nilai sementara yang telah diumumkan. Pengajuan keberatan harus disertai dengan bukti-bukti pendukung, misalnya print out Sent Mail dari akun email sendiri untuk menunjukkan bahwa mahasiswa telah mengirimkan tugas atau jawaban ujian. Mahasiswa yang mengajukan keberatan tanpa disertai dengan bukti-bukti pendukung atau mengajukan keberatan setelah batas waktu pengajuan keberatan tidak akan dilayani.

Kesepakatan PerkuliahanMahasiswa harus menandatangani formulir Kesepakatan Perkuliahan sebelum mengikuti perkuliahan. Silahkan unduh formulir kesepakatan dari SINI (menyusul), isi dan tandatangani, cetak dan serahkan kepada dosen pengasuh pada saat perkuliahan.

Ujian Semester
Tanggal dan tata cara pelaksanaan ujian semester akan diumukan melalui blog ini. Silahkan periksa secara berkala agar jangan sampai ketinggalan informasi.

1 komentar:

  1. apakah PHT dan pengendalian hayati memiliki kesamaan???
    mengapa kebanyakan petani NTT tidak memahami PHT???
    apakah sekarang konsep PHT sudah tidak lagi di gunakan di pertanian indonesia???
    kalau demikian. apa perlu kita sebagai mahasiswa pertanian mengajarkan konsep PHT kepada petani. khususnya petani NTT???
    lalu apakah petani akan menerima konsep yang kita ajarkan atau malahan petani tetap pada konsep mereka yang sudah di ajarkan turun-temurun???

    BalasHapus

Untuk menyampaikan komentar, silahkan ketik dalam kotak di bawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...