Selamat Datang

Selamat berkunjung ke blog matakuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman. Blog ini memuat materi bahan kuliah dan berbagai sumberdaya yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran. Melalui blog ini diharapkan mahasiswa dapat belajar secara lebih interaktif dengan dosen dan dengan sesama mahasiswa dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan. Seiring dengan itu, melalui blog ini mahasiswa sekaligus diharapkan untuk belajar memanfaatkan teknologi informasi.
Jangan lupa memberikan komentar dan bertanya untuk memperoleh nilai SOFTSKILL

mulai dari tulisan mengenai pengelolaan program

Klik untuk MENGERJAKAN TUGAS. Tengat Tugas 7 ditunda menjadi Selasa 6 Mei 2014. Periksa dan kerjakan Tugas 9, tenggat 6 Juni 2014.

Kuliah 2 Mei 2014 diselenggarakan online. KLIK UNTUK MEMBERIKAN KOMENTAR DAN BERTANYA

Penandatanganan Daftar Hadir akan dilakukan pada 9 Mei 2014 HANYA bagi yang telah memberikan komentar atau bertanya

UJIAN AKAN DISELENGGARAKAN ONLINE

SOAL UJIAN DAPAT DIUNDUH PADA JUMAT 13 JUNI 2014 MULAI PUKUL 10.00 WITA DI SINI

Pemberitahuan Penting

Untuk memperoleh nilai soft-skill yang bobotnya 25% dari Nilai Akhir Semester, mahasiswa peserta kuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman diminta untuk menyampaikan komentar terhadap tulisan-tulisan mulai dari tulisan mengenai daur pengelolaan program perlindungan tanaman dan tulisan-tulisan selanjutnya. Penilaian akan didasarkan pada jumlah tulisan yang diberikan komentar (kerajinan), bobot komentar (penguasaan masalah), cara penulisan komentar (keterampilan), dan kesdiaan mengomentari komentar mahasiswa lain (kepedulian). Mahasiswa yang tidak memberikan komentar tidak akan diberikan nilai softskill (nilai 0). Harap pemberitahuan ini diperhatikan dan dilaksanakan.

Mahasiswa juga harus mengerjakan tugas 7, tugas 8, dan tugas 9 untuk dikumpulkan secara online sebagaimana yang telah disampaikan pada halaman Tugas. Tugas yang dikumpulkan terlambat dari tanggal tengat TIDAK AKAN DIPERIKSA.

Silahkan kerjakan Tugas 9, tenggat 6 Juni 2014. Tugas yang dikumpulkan terlambat dari tanggal tengat TIDAK AKAN DIPERIKSA.

UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2013/2014 DAPAT DIUNDUH DARI SINI MULAI PADA 13 JUNI 2014 PUKUL 10.00 WITA. SILAHKAN KLIK TAUTAN SESUDAH AKTIF. UNGGAH FILE DALAM FORMAT PDF DENGAN MENGKLIK HALAMAN SMT GENAP 2013/2014 DAN KEMUDIAN MASUKKAN FILE KE DALAM KOTAK MEDIAFIRE FILEDROP PADA BAGIAN BAWAH HALAMAN.

Daftar file jawaban ujian yang masuk dapat diunduh dalam format JPG atau format PDF dan nilai akhir semester genap 2013/2014 dapat diunduh di SINI. Silahkan unduh dan cetak kedua file untuk mengajukan keberatan nilai kepada dosen koordinator matakuliah.

Smt Genap 2013/2014

Print Friendly and PDF
Mahasiswa peserta Kebijakan Perlindungan Tanaman semester genap tahun 2013/2014 silahkan mendaftar melalui gadget Mari Bergabung. Silahkan persiapkan diri datang ke ruang kuliah UNTUK BERDISKUSI, bukan untuk datang, duduk, dan dengar. Segera periksa:
  • Silabus Perkuliahan, Pokok Bahasan, dan dan RKPS. Pokok Bahasan matakuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman adalah sebagai berikut:  (1) Permasalahan Perlindungan Tanaman dan Dampak yang Ditimbulkan, (2) Pengertian, Ruang Lingkup, dan Faktor-faktor yang Menentukan Kebijakan, (3) Peraturan Perundang-undangan Mengenai Perlindungan Tanaman (4) Peraturan Perundang-undangan Mengenai Pestisida, (5) Mengkritisi Peraturan Perundang-undangan bidang Perlindungan Tanaman, (6) Latar Belakang, Konsep, dan Hakekat PHT, (7) Pengambilan Keputusan, Penerapan, dan Pengorganisasian PHT, (8) Keberhasilan, Kekurangan, dan Perkembangan PHT, (9) Sektor Perlindungan dan Pemangku Kepentingan dalam PHT, (10) Perubahan Paradigma Perlindungan Menjadi Lintas Sektoral, (11) Tahap-tahap dan Alir Pengelolaan Program perlindungan Tanaman, (12) Pendekatan Kerangka Kerja Logis Perancangan Program Perlindungan Tanaman, (13) Perancangan Program Perlindungan Tanaman Berdasarkan Kerangka Kerja Logis, (14) Perubahan Kebijakan untuk Mengantisipasi Permasalahan Perlindungan Tanaman
  • Bahan Ajar dan Presentasi Kuliah. Bahan ajar dapat dibaca online atau diunduh dalam format PDF. 
  • Prosedur dan Jadwal Tugas. Silahkan klik tautan untuk memeriksa prosedur kerja dan jadwal pengumpulan tugas dari dosen I W. Mudita. Dosen lain wajib memberikan tugas sesuai dengan pokok bahasan yang menjadi tanggung jawab masing-masing.
Dosen Pengampu dan Pokok Bahasan
  • Etin Agustina Nahas, SP, MSi., Pokok bahasan: (1) Permasalahan Perlindungan Tanaman dan Dampak yang Ditimbulkan, (2) Pengertian, Ruang Lingkup, dan Faktor-faktor yang Menentukan Kebijakan, (3) Peraturan Perundang-undangan Mengenai Perlindungan Tanaman (4) Peraturan Perundang-undangan Mengenai Pestisida, (5) Mengkritisi Peraturan Perundang-undangan bidang Perlindungan Tanaman, 
  • Yohanes U. Rebu Iburuni, SP, MSi., Pokok Bahasan: (6) Latar Belakang, Konsep, dan Hakekat PHT, (7) Pengambilan Keputusan, Penerapan, dan Pengorganisasian PHT, (8) Keberhasilan, Kekurangan, dan Perkembangan PHT, (9) Sektor Perlindungan dan Pemangku Kepentingan dalam PHT, (10) Perubahan Paradigma Perlindungan Menjadi Lintas Sektoral,
  • Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., kunjungi blog pribadi atau hubungi melalui email. Pokok bahasan: (11) Tahap-tahap dan Alur Pengelolaan Program perlindungan Tanaman, (12) Pendekatan Kerangka Kerja Logis Perancangan Program Perlindungan Tanaman, (13) Perancangan Program Perlindungan Tanaman Berdasarkan Kerangka Kerja Logis, (14) Perubahan Kebijakan untuk Mengantisipasi Permasalahan Perlindungan Tanaman

Tempat, Hari, dan Jam Kuliah
Kuliah: Jumat, 08.00-09.40 WITA, Ruang B1


Perkuliahan dengan Dukungan Online
Kuliah diberikan dengan dukungan online mengingat sebagai mahasiswa universitas berwawasan global, mahasiswa perlu mampu menggunakan fasilitas pembelajaran dengan dukungan Internet. Untuk berinteraksi dengan dosen pengampu, setiap mahasiswa harus menggunakan email sendiri dengan nama sebenarnya (bukan menggunakan email teman atau email dengan nama samaran). Mahasiswa yang belum mempunyai akun email sendiri atau mempunyai akun email tetapi menggunakan nama samaran, silahkan membuat akun Gmail (panduan). Mahasiswa yang telah mempunyai akun email sendiri dengan nama sebenarnya tetapi bukan Gmail, harap selalu mengosongkan Mailbox/Inbox sehingga bisa menerima email dengan lampiran (attachment). Untuk memperoleh dukungan layanan sepenuhnya, mahasiswa dipersyaratkan untuk mendaftar dengan mengklik Hubungi Kami dan menuliskan nama lengkap, NIM, dan nama dosen PA dalam kotak pesan (messages).

Mahasiswa dapat menghubungi dosen pengampu setiap saat menggunakan email dengan mengklik Hubungi Kami. Untuk meminta sandi, silahkan tuliskan juga singkatan nama matakuliah (misalnya Kebijakan Perlindungan Tanaman disingkat KPT). Untuk mengirimkan tugas dan jawaban ujian, kepada mahasiswa akan diberikan akun email lain yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan yang disertai dengan lampiran (attachment). Jangan pernah mengirimkan tugas atau jawaban ujian dengan cara menempelkan (mem-paste) pada kotak pesan (messages). Silahkan kunjungi blog secara rutin karena segala sesuatu yang berkaitan dengan perkuliahan akan dikomunikasikan melalui blog. Setelah membaca tayangan tulisan dalam blog, harap biasakan memberikan komentar di bawah setiap tulisan. Bila Anda mengalami kesulitan dalam berinteraksi secara online, silahkan menghubungi dosen pengampu dengan mengklik Hubungi Kami untuk menyampaikan kesulitan yang dihadapi. Tidak ada alasan mahasiswa tidak mengirimkan tugas atau jawaban ujian hanya karena tidak bisa mengirimkan melalui email.


Tatacara Perkuliahan
Mahasiswa harus mengikuti kuliah minimal sebanyak 80% dari seluruh jumlah pertemuan tatap muka perkuliahan yang direncanakan berjumlah 15 kali pertemuan tatap muka. Mahasiswa yang mengikuti kuliah kurang dari 80% pertemuan tatap muka tidak akan memperoleh nilai akhir semester. Mahasiswa harus sudah berada di dalam ruang kuliah pada jam kuliah kuliah/praktikum yang telah ditetapkan. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak akan diperkenankan mengikuti perkuliahan/praktikum.

Perkuliahan dijadwalkan satu kali dalam satu minggu. Bila karena sesuatu hal ada dosen berhalangan hadir pada hari/jam yang dijadwalkan, dosen dapat mengalihkan perkuliahan ke hari hari/jam lain dengan terlebih dahulu menyepakati dengan mahasiswa. Dosen tidak dibenarkan meminta mahasiswa untuk menandatangani daftar hadir lebih dari satu kali dalam satu hari/jam kuliah. Bila ada dosen yang melakukan hal ini, silahkan melaporkan kepada koordinator matakuliah.

Perkuliahan dilaksanakan oleh setiap dosen sesuai dengan Silabus dan RKPS matakuliah dengan merujuk kepada bahan ajar yang telah tersedia. Dosen dapat memperkaya materi perkuliahan, tetapi tidak untuk mengubah Silabus dan RKPS. Mahasiswa wajib memeriksa Silabus dan RKPS matakuliah dan menyampaikan kepada dosen koordinator matakuliah bila ada dosen yang memberikan kuliah dengan materi yang menyimpang dari atau tidak sesuai dengan Silabus dan RKPS.

Dalam mengerjakan tugas, membuat laporan praktikum, menjawab ujian, dan menjawab ujian praktikum, mahasiswa tidak dibenarkan menjiplak pekerjaan teman atau menjiplak dari buku maupun dari sumber-sumber apapun juga yang diperoleh melalui Internet. Bila menggunakan sumber-sumber kepustakaan, mahasiswa harus merujuk pustaka yang digunakan dan menyertakannya dalam daftar pustaka. Mahasiswa yang diketahui melakukan penjiplakan dikategorikan sebagai melakukan plagiarisme dan akan diberikan sanksi pengurangan nilai sampai pada pemberian nilai 0, bergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Perujukan pustaka dan penyusunan daftar pustaka dilakukan dengan menggunakan gaya APA Edisi 6 (Panduan). Perujukan pustaka dan pembuatan daftar pustaka dapat dilakukan secara manual, tetapi akan diberikan nilai bonus bila mahasiswa melakukan secara otomatis dengan menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero. Silahkan unduh program berdiri sendiri untuk Windows, Mac OS X, Linux i686, atau Linux x86_64 serta ekstensi untuk peramban Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Safari. Untuk menggunakan Zotero, program berdiri sendiri dan ekstensi harus diinstalasi ke komputer sesuai dengan sistem operasi dan jenis peramban yang digunakan. Bila belum pernah menggunakan Zotero, silahkan pelajari cara menggunakannya mulai dari sekarang juga.

Tatacara Ujian dan Penilaian
Ujian terdiri atas ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian praktikum. Ujian tengah semester dan akhir semester akan dilakukan dengan mengirimkan jawaban ujian melalui email dengan menggunakan akun email milik sendiri. Mahasiswa yang tidak mengirimkan tugas atau jawaban ujian atau yang terlambat mengirimkan tugas atau jawaban dari tanggal yang telah ditentukan akan diberi nilai 0. Nilai akhir semester terdiri atas nilai tugas, nilai ujian tengah semester, nilai ujian akhir semester, nilai laporan praktikum, nilai ujian praktikum, dan nilai soft skill.

Soal ujian semester genap 2013/2014 dapat diuduh pada hari ujian, Jumat 13 Juni 2013 mulai pada pukul 10.00 WITA. Silahkan klik tautan untuk mengunduh dan kemudian simpan file sebagai (Save As) dengan nama file kpt_jwbujian_2013^2014^2_namadepannamabelakang dalam format PDF, di mana nama depan adalah nama pertama dalam nama mahasiswa dan nama belakang adalah nama terakhir dalam nama mahasiswa. Bila Anda belum memiliki addin Save as PDF, silahkan unduh gratis dan pasang dari Microsoft Download Center. Setelah memasang, silahkan aktifkan dengan mengklik logo Office>>Word Options>>Add-Ins, mengklik Save As PDF and kemudian mengklik OK. Selanjutnya silahkan unggah file jawaban dalam format PDF dengan memasukkan ke dalam kotak jawaban di bawah ini:

Jawaban ujian sudah harus masuk selambat-lambatnya pada hari Sabtu, 14 Juni 2014 pukul 12.00 WITA. Jawaban ujian yang masuk setelah melewati waktu tenggat tersebut atau dikirim dengan nama atau format file tidak seperti di atas atau yang ditempel (paste) dalam kotak pesan email, tidak akan diperiksa.

Mahasiswa harus tetap mengunjungi blog setelah ujian akhir semester. Nilai akan diumumkan terlebih dahulu melalui blog berupa nilai sementara. Mahasiswa akan diberikan waktu satu minggu untuk mengajukan keberatan melalui telepon atau email terhadap nilai sementara yang telah diumumkan. Pengajuan keberatan harus disertai dengan bukti-bukti pendukung, misalnya print out Sent Mail dari akun email sendiri untuk menunjukkan bahwa mahasiswa telah mengirimkan tugas atau jawaban ujian. Mahasiswa yang mengajukan keberatan tanpa disertai dengan bukti-bukti pendukung atau mengajukan keberatan setelah batas waktu pengajuan keberatan tidak akan dilayani.

Kesepakatan Perkuliahan
Dengan mengikuti matakuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman maka mahasiswa menyatakan menerima segala ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan kualiah, pengerjaan tugas, dan pelaksanaan praktikum sebagaimana yang telah diuraikan pada halaman ini.

Lain-lain
Semua mahasiswa peserta kuliah diasumsikan telah membaca dan memahami seluruh ketentuan yang disampaikan pada halaman ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...