Selamat Datang

Selamat berkunjung ke blog matakuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman. Blog ini memuat materi bahan kuliah dan berbagai sumberdaya yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran. Melalui blog ini diharapkan mahasiswa dapat belajar secara lebih interaktif dengan dosen dan dengan sesama mahasiswa dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan. Seiring dengan itu, melalui blog ini mahasiswa sekaligus diharapkan untuk belajar memanfaatkan teknologi informasi.
Jangan lupa memberikan komentar dan bertanya untuk memperoleh nilai SOFTSKILL

mulai dari tulisan mengenai pengelolaan program

Klik untuk MENGERJAKAN TUGAS. Tengat Tugas 7 ditunda menjadi Selasa 6 Mei 2014. Periksa dan kerjakan Tugas 9, tenggat 6 Juni 2014.

Kuliah 2 Mei 2014 diselenggarakan online. KLIK UNTUK MEMBERIKAN KOMENTAR DAN BERTANYA

Penandatanganan Daftar Hadir akan dilakukan pada 9 Mei 2014 HANYA bagi yang telah memberikan komentar atau bertanya

UJIAN AKAN DISELENGGARAKAN ONLINE

SOAL UJIAN DAPAT DIUNDUH PADA JUMAT 13 JUNI 2014 MULAI PUKUL 10.00 WITA DI SINI

Pemberitahuan Penting

Untuk memperoleh nilai soft-skill yang bobotnya 25% dari Nilai Akhir Semester, mahasiswa peserta kuliah Kebijakan Perlindungan Tanaman diminta untuk menyampaikan komentar terhadap tulisan-tulisan mulai dari tulisan mengenai daur pengelolaan program perlindungan tanaman dan tulisan-tulisan selanjutnya. Penilaian akan didasarkan pada jumlah tulisan yang diberikan komentar (kerajinan), bobot komentar (penguasaan masalah), cara penulisan komentar (keterampilan), dan kesdiaan mengomentari komentar mahasiswa lain (kepedulian). Mahasiswa yang tidak memberikan komentar tidak akan diberikan nilai softskill (nilai 0). Harap pemberitahuan ini diperhatikan dan dilaksanakan.

Mahasiswa juga harus mengerjakan tugas 7, tugas 8, dan tugas 9 untuk dikumpulkan secara online sebagaimana yang telah disampaikan pada halaman Tugas. Tugas yang dikumpulkan terlambat dari tanggal tengat TIDAK AKAN DIPERIKSA.

Silahkan kerjakan Tugas 9, tenggat 6 Juni 2014. Tugas yang dikumpulkan terlambat dari tanggal tengat TIDAK AKAN DIPERIKSA.

UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2013/2014 DAPAT DIUNDUH DARI SINI MULAI PADA 13 JUNI 2014 PUKUL 10.00 WITA. SILAHKAN KLIK TAUTAN SESUDAH AKTIF. UNGGAH FILE DALAM FORMAT PDF DENGAN MENGKLIK HALAMAN SMT GENAP 2013/2014 DAN KEMUDIAN MASUKKAN FILE KE DALAM KOTAK MEDIAFIRE FILEDROP PADA BAGIAN BAWAH HALAMAN.

Daftar file jawaban ujian yang masuk dapat diunduh dalam format JPG atau format PDF dan nilai akhir semester genap 2013/2014 dapat diunduh di SINI. Silahkan unduh dan cetak kedua file untuk mengajukan keberatan nilai kepada dosen koordinator matakuliah.

Tugas PHT

Print Friendly and PDF
Tugas Matakuliah
Pengendalian Hama Terpadu

Setiap mahasiswa harus mengerjakan setiap tugas dan mengumpulkan laporannya pada setiap tanggal tenggat pengumpulan. Bila mahasiswa tidak mengumpulkan tugas maka nlai tugas yang bersangkutan akan diberi angka 0 (nol).

Tugas 1. Ekologi dan sebagai Dasar untuk Memahami Terjadinya Permasalahan OPT

Uraian Tugas:
  1. Bacalah tulisan wikipedia mengenai: pengertian ekologi, ekosistem dan agroekosistem, rantai makanan dan jejaring makanan, piramida ekologis: aras trofik, perilaku makan, piramida trofik, dan arus energi, tirai trofik, jejaring ekologis, keanekaragaman hayati, magnifikasi hayati,  
  2. Kaitkan satu sama lain isi bacaan tersebut dan buatlah satu tukisan dengan  judul sebagaimana judul tugas ini dengan bagian-bagian: (1) Pendahuluan dan Tujuan Penulisan, (2) Jejaring Makanan dan Piramida Trofik, (3) Peranan Tumbuhan dalam Ekosistem dan Tanaman dalam Agroekosistem dalam Kaitan dengan Kedudukannya dalam Jejaring Makanan dan Piramida Trofik, (4) Kedudukan Berbagai Jenis Organisme Lain dalam Jejaring Makanan dan Piramida Trofik dan Potensinya Menjadi OPT dan Faktor yang Mempengaruhi, dan (5) Kesimpulan: Menjelaskan Status Suatu Organisme sebagai OPT berdasarkan Kedudukannya dalam Jejaring Makanan dan Piramida Trofik.
  3. Buat tulisan dengan disertai rujukan pustaka menggunakan gaya perujukan gaya APA Edisi 6 secara manual atau secara otomatis menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero.
  4. Ketik tulisan dengan terlebih dahulu mengatur pencetakan pada kertas A4, huruf Times New Roman ukuran 12, dan spasi 1,5. Buat tulisan dengan panjang minimum 10 halaman dan maksimum 15 halaman termasuk halaman daftar pustaka. Buat sampul yang memuat nama matakuliah, nomor dan judul tugas, nama mahasiswa, NIM, nama dosen wali/PA, nama universitas dan nama fakultas, serta nama kota dan tahun.
  5. Masukkan tulisan melalui email sebagai lampiran (attachment) ke mudita.teach@gmail.com
Pengerjaan:
Setiap mahasiswa harus mengerjakan tugas secara perseorangan (sendiri-sendiri)

Tenggat: 
Tugas 1 harus sudah diterima oleh dosen selambat-lambatnya pada 13 Maret 2013. Tugas yang masuk setelah tanggal tenggat tersebut tidak akan dinilai.


Tugas 2. Ekologi Populasi sebagai Dasar untuk Memahami Terjadinya Ledakan OPT

Uraian Tugas:
  1. Bacalah tulisan wikipedia mengenai: pengertian populasi, dinamika populasi, interaksi predator-mangsa, (Indonesia, Inggris), interaksi parasitoid-inang (Indonesia, Inggris), interaksi parasit-inang (Indonesia, Inggris), model interaksi predator-mangsa (Indonesia, Inggris), ledakan populasi hama pertanian dan kehutanan, penyebab ledakan populasi hama,
  2. Kaitkan satu sama lain isi bacaan tersebut dan buatlah satu tukisan dengan  judul sebagaimana judul tugas ini dengan bagian-bagian: (1) Pendahuluan dan Tujuan Penulisan, (2) Pengertian Populasi dan Dinamika Populasi, (3) Interkasi Predator-Mangsa, Parasitoid-Inang, dan Patogen-Inang, (4) Penyebab Terjadinya Ledakan OPT dan Faktor yang Mempengaruhi, dan (5) Kesimpulan: Ekologi Populasi sebagai Dasar untuk Memahami terjadinya Ledakan OPT
  3. Buat tulisan dengan disertai rujukan pustaka menggunakan gaya perujukan gaya APA Edisi 6 secara manual atau secara otomatis menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero. 
  4. Ketik tulisan dengan terlebih dahulu mengatur pencetakan pada kertas A4, huruf Times New Roman ukuran 12, dan spasi 1,5. Buat tulisan dengan panjang minimum 10 halaman dan maksimum 15 halaman termasuk halaman daftar pustaka. Buat sampul yang memuat nama matakuliah, nomor dan judul tugas, nama mahasiswa, NIM, nama dosen wali/PA, nama universitas dan nama fakultas, serta nama kota dan tahun.
  5. Masukkan tulisan melalui email sebagai lampiran (attachment) ke mudita.teach@gmail.com   
Pengerjaan:
Setiap mahasiswa harus mengerjakan tugas secara perseorangan (sendiri-sendiri)

Tenggat: 
Tugas 2 harus sudah diterima oleh dosen selambat-lambatnya pada 20 Maret 2013. Tugas yang masuk setelah tanggal tenggat tersebut tidak akan dinilai.


Tugas 3. Kedudukan Pertanian Organik dalam PHT

Uraian Tugas:
  1. Baca dan pahami apa yang dimaksud dengan pertanian organik di situs Iowa State University, International Federation of Organic Agriculture Movement, USDA-ERS, Minnesota Dept. Agriculture, apa yang dimaksud dengan budidaya organik di situs Wikipedia, US-EPA, dan apa yang dimaksud dengan agroekologi di situs Wikipedia dan agroekosistem di situs Wikipedia, Kemudian baca pula tulisan mengenai fotosintesis, penambatan karbon, nutrisi tumbuhan, penyerapan air oleh tumbuhan, air sebagai pelarut universal, daur air, daerah aliran sungai (DAS). Selain itu baca pula tulisan mengenai sertifikasi organik, perdagangan karbon, perdagangan bebas, dan globalisasi.
  2. Bandingkan antara pertanian organik, budidaya organik, dan egroekologi, teentukan ciri-cirinya masing-masing, serta perbedaan dan persamaannya satu sama lain, lalu kaitkan dengan isu sertifikasi organik, globalisasi, dan perdagangan bebas.
  3. Kaitkan isi tulisan di atas dengan tulisan mengenai ekologi (Tugas 1) dan ekologi populasi (Tugas 2) lalu buat satu tukisan dengan  judul sebagaimana judul tugas ini dengan bagian-bagian: (1) Pendahuluan dan Tujuan Penulisan, (2) Pengertian Pertanian Organik, Budidaya Organik, dan Agroekologi menurut Definisi, Kaitan Definisi Pertanian Organik, Budidaya Organik, dan Agroekologi dengan Proses Fotosintesis, Penambatan Karbon, Nutrisi Tanaman, Air sebagai Pelarut Universal, dan Daerah Aliran Sungai, (4) Kaitan Pertanian Organik, Budidaya Organik, dan Agroekologi dengan Jejaring Makanan dan Proses Terjadinya Ledakan OPT, dan (5) Kesimpulan: Apakah Pertanian Organik, Budidaya Organik, dan Agroekologi lebih mampu menghadapi Permasalahan OPT daripada pertanian konvensional (biasa)?
  4. Buat tulisan dengan disertai rujukan pustaka menggunakan gaya perujukan gaya APA Edisi 6 secara manual atau secara otomatis menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero. 
  5. Ketik tulisan dengan terlebih dahulu mengatur pencetakan pada kertas A4, huruf Times New Roman ukuran 12, dan spasi 1,5. Buat tulisan dengan panjang minimum 10 halaman dan maksimum 15 halaman termasuk halaman daftar pustaka. Buat sampul yang memuat nama matakuliah, nomor dan judul tugas, nama mahasiswa, NIM, nama dosen wali/PA, nama universitas dan nama fakultas, serta nama kota dan tahun.
  6. Masukkan tulisan melalui email sebagai lampiran (attachment) ke mudita.teach@gmail.com     

Pengerjaan:
Setiap mahasiswa harus mengerjakan tugas secara perseorangan (sendiri-sendiri)

Tenggat: 
Tugas 3 harus sudah diterima oleh dosen selambat-lambatnya pada 27 Maret 2013. Tugas yang masuk setelah tanggal tenggat tersebut tidak akan dinilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk menyampaikan komentar, silahkan ketik dalam kotak di bawah ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...